Home > Port

Profil PT. Djakarta Lloyd: Pelopor Perusahaan Pelayaran Nasional

PT Djakarta Lloyd punya visi dan misi untuk menjadi perusaahan yang memberikan solusi logistik laut untuk dalam dan luar negeri.
Contoh kapal milik PT. Djakarta Lloyd. Sumber: Situs Resmi PT. Djakarta Lloyd.
Contoh kapal milik PT. Djakarta Lloyd. Sumber: Situs Resmi PT. Djakarta Lloyd.

ShippingCargo.co.id, Jakarta— PT Djakarta Lloyd menjadi perusahaan pelayaran pertama milik Republik Indonesia. Berawal dari cita-cita pejuang TNI Angkatan Laut yang ingin mendirikan perusahaan pelayaran samudera nasional, PT. Djakarta Lloyd didirikan pada 18 Agustus 1950 di Tegal.

Sejak awal berdirinya, PT. Djakarta Lloyd memiliki misi untuk melayani jalur pelayaran domestik dan internasional. Seperti dilansir situs resminya, perusahaan ini awalnya beroperasi hanya dengan dua kapal uap, SS Jakarta Raya dan SS Djatinegara.

Pada tahun 1961, status perusahaan berubah menjadi perusahaan negara dengan nama PN Djakarta Lloyd, dan kemudian, pada tahun 1974, berubah menjadi perseroan terbatas melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Pada masa kejayaannya di era 1960-an, PT Djakarta Lloyd mengoperasikan hingga 20 kapal dan memiliki kantor cabang di empat benua, dengan lebih dari 3.000 pegawai.

Djakarta Lloyd punya visi untuk menjadi perusahaan pelayaran dan penyedia logistik yang bertaraf internasional , handal , efisien ,inovatif dan berdaya tahan kuat. Misi perusahaan ini adalah memberikan solusi kepada pelanggan untuk mengurangi biaya logistik didalam maupun luar negeri dengan kecepatan, ketepatan dan keamanan.

Kini, PT Djakarta Lloyd dengan slogan AKHLAK dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara, terus beradaptasi dengan perkembangan zaman, melayani kebutuhan logistik dan pengiriman di seluruh Indonesia dan sekitarnya. Dengan sejarah yang kaya, perusahaan ini tidak hanya menjadi simbol kemandirian ekonomi, tetapi juga bagian penting dari ketahanan nasional Indonesia

Di tengah era globalisasi, PT Djakarta Lloyd terus memperkuat posisinya dalam industri pelayaran dengan memberikan layanan yang andal dan berkualitas. Perusahaan yang berkantor di Perkantoran Plaza Pasifik Blok B-1 Lt. 3-4 No.1, Jl. Boulevard Barat Raya Kelapa Gading, Jakarta Utara ini ini tidak hanya menghubungkan berbagai pulau di Nusantara, tetapi juga menjalin kerja sama internasional untuk mengoptimalkan layanan pengiriman barang ke luar negeri. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi pemain utama dalam industri pelayaran nasional dan internasional

Sebagai bagian dari transformasi digital, PT Djakarta Lloyd juga terus berinovasi dalam operasionalnya. Penggunaan teknologi terkini dalam manajemen kapal dan pengiriman barang menjadi salah satu fokus utama perusahaan. Selain itu, perusahaan juga memperkuat layanan pelanggannya dengan menyediakan akses yang lebih mudah melalui platform online dan media sosial.

× Image