Home > Kebijakan

Ditjen Hubdat Perkuat Transportasi Air Sebagai Langkah Strategis

Inisiatif ini juga disertai pemberian bantuan teknis seperti life jacket dan Pas Sungai Danau kepada operator kapal.
Ditjen Hubdat selenggarakan acara kampanye keselamatan transportasi sungai pada Jumat, 21 Juni 2024. Sumber:situs resmi Ditjen Hubdat
Ditjen Hubdat selenggarakan acara kampanye keselamatan transportasi sungai pada Jumat, 21 Juni 2024. Sumber:situs resmi Ditjen Hubdat

ShippingCargo.co.id, Jakarta—Keselamatan transportasi sungai, danau, dan penyeberangan menjadi prioritas utama pemerintah Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan sektor pariwisata air. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan secara rutin mengadakan kampanye keselamatan di berbagai lokasi wisata air strategis, seperti Waduk Jatiluhur di Purwakarta, Jawa Barat.

Program yang berlangsung pada 21 Juni 2024 silam ini ini mencakup beberapa aspek kunci, termasuk sertifikasi nakhoda dan standar keselamatan kapal. Selain itu program ini juga penggunaan informasi cuaca dari BMKG, dan penyediaan fasilitas keselamatan yang memadai.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Risyapudin Nursin, menekankan bahwa keselamatan adalah tanggung jawab bersama. Ia mengatakan kalau pemerintah juga berkomitmen untuk hadir dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat.

"Bentuk wujud pemerintah hadir selain dari memberikan sosialisasi dan edukasi juga yaitu melalui pemberian bantuan teknis alat keselamatan serta adanya pengawasan dan pembinaan," imbuhnya, seperti dilansir oleh situs resmi Ditjen Hubdat. Inisiatif ini tidak hanya melibatkan sosialisasi dan edukasi, tetapi juga pemberian bantuan teknis seperti life jacket dan Pas Sungai Danau kepada operator kapal.

Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, BPTD, PT BKI, PT Jasa Raharja, dan asosiasi nakhoda, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan implementasi standar keselamatan di seluruh perairan Indonesia, mendukung pertumbuhan pariwisata air yang aman dan berkelanjutan.

× Image