Home > News

Bali Tuan Rumah Pertemuan Strategis FIATA dan ALFI, Tingkatkan Kompetensi Logistik

Pemangku kepentingan industri bahas inisiatif yang mendorong keberlanjutan dan digitalisasi sektor logistik.
Ilustrasi proses bongkar muat di pelabuhan. Pertemuan FIATA-ALFI coba tingkatkan kompetensi logistik. Sumber:Republika/ Putra M. Akbar
Ilustrasi proses bongkar muat di pelabuhan. Pertemuan FIATA-ALFI coba tingkatkan kompetensi logistik. Sumber:Republika/ Putra M. Akbar

ShippingCargo.co.id, Jakarta—Bali menjadi tuan rumah bagi pertemuan strategis antara Federasi Internasional Asosiasi Pengusaha Logistik dan Forwarding (FIATA) bersama dengan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) pada 11-12 Juli mendatang. Dilansir situs resmi FIATA-RAP Meeting, agenda utama pertemuan ini adalah menggali potensi logistik berkelanjutan dan penerapan teknologi digital guna meningkatkan efisiensi serta keberlanjutan industri.

Dalam pertemuan tersebut, para pemimpin industri logistik, akademisi, dan perwakilan pemerintah akan berkolaborasi untuk mendiskusikan komitmen pendorong perkembangan industri logistik yang berkelanjutan dan terkoneksi secara digital. Salah satu fokus utama adalah strategi untuk mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan logistik, meliputi peningkatan efisiensi penggunaan energi dan pengurangan limbah.

Selain itu, pihak-pihak yang hadir juga membahas penerapan teknologi digital terkini seperti Internet of Things (IoT), big data analytics, dan kecerdasan buatan (AI) dalam rantai pasok untuk meningkatkan visibilitas dan efisiensi. Digitalisasi menjadi kunci peningkatan daya saing industri logistik Indonesia di pasar global.

Acara ini akan menjadi platform untuk bertukar pengalaman bagi para pemangku kepentingan dalam industri logistik. Kolaborasi yang dihasilkan dari pertemuan ini diharapkan membawa dampak positif bagi kemajuan industri logistik Indonesia menuju masa depan yang lebih sangkil dan mangkus.

× Image