Home > Shipping

NautiSense, Startup Singapura Luncurkan Teknologi AI untuk Keselamatan Navigasi

NautiSense menggunakan AI untuk meningkatkan keselamatan navigasi.
Pemanduan maritim akan lebih mudah dengan bantuan kecerdasan buatan (AI). Foto : Unsplash/Alexander Andrews
Pemanduan maritim akan lebih mudah dengan bantuan kecerdasan buatan (AI). Foto : Unsplash/Alexander Andrews

ShippingCargo—Sebuah inovasi revolusioner dalam sektor maritim telah lahir dari Singapura. Perusahaan startup Singapura, NautiSense menawarkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mendalam untuk meningkatkan keselamatan navigasi di lautan.

Diluncurkan pada awal tahun 2024 dari inkubator startup Studio 30 50, NautiSense berjanji untuk membawa perubahan positif dalam industri pelayaran global. Dipimpin oleh Dr Vinayak Prabhu, tim NautiSense telah mengembangkan solusi AI yang canggih untuk membantu kapal dan armada menghadapi tantangan navigasi yang kompleks.

Baca juga : Kurs Pajak 8-14 Mei: Rupiah Kuat Lawan Dolar, Lemah Lawan Poundsterling

Dengan memanfaatkan big data dan algoritma yang canggih, teknologi NautiSense mampu memberikan informasi yang akurat dan real-time tentang kondisi maritim. Produk mereka, MantaMind, menggunakan teknologi AI untuk membantu dalam pengambilan keputusan yang cepat dan tepat di tengah laut dan meningkatkan efisiensi operasional di sektor maritim.

Seperti dikutip TradeWinds, Prabhu bersikeras bahwa NautiSense agak berbeda dengan AI lainnya. Meskipun punya model bisnis langganan perangkat lunak, nantinya NautiSense akan menyediakan tools AI mereka sebagai alat remote, baik di server kapal, komputer, dan versi ringan yang lebih sederhana di platform komputer tablet.

Baca juga : Jadwal Kapal Doloronda 11-17 Mei 2024, Berlayar dari Surabaya hingga Ambon

Dengan peluncuran NautiSense, Singapura semakin menjadi pusat inovasi dalam industri maritim global. Startup ini tidak hanya menawarkan solusi canggih untuk tantangan navigasi, tetapi juga membawa harapan akan masa depan yang lebih aman, efisien, dan berkelanjutan untuk industri pelayaran di seluruh dunia. (*)

× Image