Home > News

ASDP Catat 3 Juta Pengguna Ferizy Per Mei 2025

ASDP berharap digitalisasi layanan penyeberangan terus meluas.
Reservasi tiket kapal Ferry melalui Ferizy. Sumber: Republika via ASDP
Reservasi tiket kapal Ferry melalui Ferizy. Sumber: Republika via ASDP

ShippingCargo.co.id, Jakarta — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melaporkan bahwa jumlah pengguna platform pemesanan tiket daring Ferizy telah menembus angka tiga juta per Mei 2025. Capaian ini menjadi bukti percepatan transformasi digital ASDP yang telah digalakkan sejak 2020.

Menurut Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, pertumbuhan pengguna Ferizy paling signifikan terjadi di lintasan utama seperti Merak–Bakauheni, Ketapang–Gilimanuk, dan Padangbai–Lembar. “Di lintasan-lintasan tersebut, transaksi daring kini mencakup lebih dari 90 persen total harian, bahkan melonjak saat masa puncak seperti Lebaran,” ujarnya, Senin (19/5).

Transformasi digital ASDP tidak terbatas pada penjualan tiket. Hingga kini, lebih dari 70 persen aktivitas operasional telah terdigitalisasi, termasuk proses check-in, pemantauan data kendaraan dan penumpang secara real-time, serta sistem integrasi pembayaran elektronik melalui e-wallet, virtual account, hingga QRIS.

“Penerapan sistem digital mempercepat pengambilan keputusan, mengurangi antrean di pelabuhan, dan meningkatkan akurasi data,” jelas Shelvy. Untuk tiket penyeberangan kini dapat dipesan lewat situs resmi www.ferizy.com, laman trip.ferizy.com, dan aplikasi Ferizy di Play Store dan App Store.

Seiring meningkatnya adopsi digital, transaksi offline dan pembelian langsung di pelabuhan menurun signifikan. Hal ini berkontribusi pada efisiensi operasional serta pengelolaan logistik dan penumpang yang lebih akurat, sekaligus menekan potensi antrean panjang saat musim padat.

ASDP saat ini mengoperasikan lebih dari 226 kapal, melayani 304 lintasan penyeberangan, dan memiliki 27 cabang di seluruh Indonesia, termasuk wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Menurut Shelvy, digitalisasi Ferizy juga mendukung tujuan inklusi layanan transportasi. “Kami ingin memastikan masyarakat di seluruh penjuru nusantara, khususnya di wilayah 3T, dapat mengakses layanan penyeberangan dengan lebih mudah dan modern,” tegasnya, per Republika. Lewat cakupan nasional dan sistem yang semakin terintegrasi, ASDP berambisi menjadikan Ferizy sebagai tulang punggung digitalisasi sektor transportasi laut antarwilayah di Indonesia.

× Image