IJmuiden Sea Lock: Pintu Gerbang Maritim Terbesar di Dunia

ShippingCargo.co.id, Semarang – IJmuiden Sea Lock, yang menghubungkan North Sea Canal ke Pelabuhan Amsterdam di Belanda merupakan adalah pintu air terbesar di dunia. Struktur ini dirancang untuk memperlancar lalu lintas kapal dan memungkinkan masuknya kapal-kapal modern berukuran besar.
IJmuiden Sea Lock sendiri terletak di Provinsi Noord-Holland dan dapat dimuati kapal berukuran Panamax. Sebelumnya, pembukaan pintu air IJmuiden yang menghubungkan sungai IJ ke Laut Utara sudah direncanakan oleh pemerintah Belanda, meski baru dapat dorongan pada 1860an. Barulah, setelah Kanal Laut Utara dibuka pada 1876, pintu air pertama dibuka di IJmuiden.
Berikut adalah fakta-fakta mengenai IJmuiden Sea Lock, per situs resminya:
Fakta Menarik tentang IJmuiden Sea Lock
- Ukuran Raksasa Panjang: 500 meter, Lebar: 70 meter, Kedalaman: 18 meter. Gerbang baja setinggi 25 meter, lebar 77 meter, dan tebal 11 meter dengan berat 2.400 ton.
- Panjang: 500 meter, Lebar: 70 meter, Kedalaman: 18 meter.
- Gerbang baja setinggi 25 meter, lebar 77 meter, dan tebal 11 meter dengan berat 2.400 ton.
- Operasional Efisien Melayani sekitar 50-60 kapal per hari, dengan waktu transit sekitar 30 menit. Beroperasi 24/7, memungkinkan kapal sepanjang 339 meter dan lebar 57 meter untuk melintas.
- Melayani sekitar 50-60 kapal per hari, dengan waktu transit sekitar 30 menit.
- Beroperasi 24/7, memungkinkan kapal sepanjang 339 meter dan lebar 57 meter untuk melintas.
- Meningkatkan Kapasitas Pelabuhan Mengurangi waktu tunggu kapal dan mempercepat bongkar muat barang. Diperkirakan menangani 125 juta ton kargo per tahun, dibandingkan dengan 90 juta ton sebelumnya.
- Mengurangi waktu tunggu kapal dan mempercepat bongkar muat barang.
- Diperkirakan menangani 125 juta ton kargo per tahun, dibandingkan dengan 90 juta ton sebelumnya.
- Pembangunan dan Biaya Dibangun oleh konsorsium Open IJ (BAM-PGGM, VolkerWessels, DIF). Konstruksi dimulai pada 2016 dan selesai pada 2021, menggantikan Noordersluis yang berusia hampir seabad. Diresmikan oleh Raja Belanda Willem-Alexander pada Januari 2022. Biaya pembangunan mencapai 850-900 juta euro.
- Dibangun oleh konsorsium Open IJ (BAM-PGGM, VolkerWessels, DIF).
- Konstruksi dimulai pada 2016 dan selesai pada 2021, menggantikan Noordersluis yang berusia hampir seabad.
- Diresmikan oleh Raja Belanda Willem-Alexander pada Januari 2022.
- Biaya pembangunan mencapai 850-900 juta euro.
Tantangan dalam Pembangunan
- Lokasi dekat pintu air lama, sehingga pekerjaan harus dilakukan tanpa mengganggu lalu lintas maritim.
- Kondisi tanah yang kompleks, memerlukan studi stabilitas dan teknik dinding diafragma.
- Fungsi ganda sebagai pertahanan banjir, sehingga pembangunan harus mempertahankan perlindungan wilayah sekitar.
- Gerbang besar setinggi 8 meter di atas air, memerlukan teknik inovatif seperti caisson pneumatik.
Meskipun menghadapi banyak tantangan, IJmuiden Sea Lock berhasil diselesaikan dan menjadi inovasi penting bagi perdagangan dan industri maritim Belanda. Dengan kapasitas lebih besar dan efisiensi lebih tinggi, struktur ini memperkuat posisi Amsterdam sebagai pusat logistik global.

ShippingCargo.co.id adalah media online yang berfokus pada informasi tentang shipping, pelabuhan, logistik, dan industri-industri yang terkait.