Home > Shipping

Consignment dalam Pengiriman Laut: Pentingnya Dokumen Pengiriman

Consignment bisa dilakukan dengan surat sementara atau dengan Bill of Lading.
Contoh consignment.
Contoh consignment.

ShippingCargo.co.id, Jakarta —Perjanjian pengiriman atau consignment merupakan suatu akta atau perjanjian yang sering digunakan dalam pengiriman via laut. Istilah consignment dikenal dalam dunia logistik dan maritim sebagai mekanisme pengiriman barang yang melibatkan consignor (penjual), consignee, dan consignee marks.Sesuai dengan dokumen pengiriman yang umum atau Bill of Lading, consignment berfungsi sebagai bentuk pengiriman yang resmi, meskipun pada situasi tertentu konosemen tidak dikeluarkan sebagai tanda bukti fisik.

Menurut sumber dari Investopedia, consignment adalah pengaturan di mana barang-barang dibiarkan dengan pihak ketiga (consignee) untuk dijual atau disimpan, tetapi pemilik barang (consignor) masih memiliki kepemilikan atas barang tersebut sampai penjualan terjadi. Di industri pelayaran, barang yang dikirim dari consignor kepada consignee akan ditandai dengan consignment notes, yang berfungsi sebagai bukti bahwa pengiriman barang telah dilakukan tanpa adanya dokumen konosemen.

Sementara itu, Cambridge Dictionary mendefinisikan consignment sebagai kumpulan barang yang dikirim kepada seseorang, biasanya untuk dijual. Pengiriman ini dapat mencakup berbagai jenis barang, mulai dari bahan mentah hingga produk jadi yang akan didistribusikan. Dalam dunia pengiriman laut, catatan consignment menjadi sangat penting ketika proses pengiriman terjadi tanpa disertai dengan konosemen fisik yang sah.

Keberadaan consignment note dalam pengiriman laut juga memastikan bahwa pihak consignee, yaitu penerima barang, dapat melacak serta memverifikasi isi pengiriman. Ini terlepas adanya solusi bill of lading yang juga memberikan perlindungan hukum bagi consignor jika terjadi sengketa terkait pengiriman atau kondisi barang yang diterima.

Seperti dijelaskan dalam artikel Investopedia, di mana consignment menawarkan metode fleksibel dalam transaksi barang, terutama ketika penjual tidak ingin melepaskan kepemilikan sampai pembayaran diterima atau transaksi selesai. Hal ini menunjukkan bagaimana consignment berperan penting dalam menjaga hak-hak pihak yang terlibat dalam pengiriman laut.

× Image