Home > Shipping

Perusahaan Pelayaran Indonesia Jual Kapal Panamax Tua ke Pasar Demolisi dengan Harga Terjangkau

Andhika Lines lego kapal Panamax miliknya dengan harga 5,3 juta dolar.
Kapal kargo ukuran Panamax.  Ilustrasi. Foto : Republika
Kapal kargo ukuran Panamax. Ilustrasi. Foto : Republika

ShippingCargo– Keputusan mengejutkan diambil oleh Andhika Lines, salah satu perusahaan pelayaran Indonesia. Perusahaan yang berkantor di Menara Kadin Indonesia tersebut telah menjual kapal berukuran panamax tuanya, MV Andhika Nareswari, di pasar demolisi dengan harga 5,3 juta dolar AS.

Penjualan yang dilakukan Andhika Lines ini menandakan langkah langka di tengah pasar pengangkutan yang kuat dan mencerminkan strategi perusahaan untuk mengoptimalkan nilai aset mereka. Pasalnya, pasar kapal bekas saat ini sedang kekurangan calon pembeli karena tingginya permintaan angkutan.

Trade Winds melansir pada Senin (03/06/2024) Andhika Lines mengambil kesempatan untuk menjual Andhika Nareswari memanfaatkan kenaikan harga besi tua. Keputusan ini menunjukkan strategi perusahaan untuk beradaptasi dengan fluktuasi pasar– di mana harga 515 dolar As per ton berat mati (ldt) berhasil menghasilkan total penjualan 5,3 juta dolar AS.

Terlebih, penjualan kapal golongan panamax bulker tua seperti Andhika Nareswari jarang terjadi kala pasar pengangkutan laut menguat. Banyak pemilik kapal memilih untuk mempertahankan armada mereka dan memanfaatkan tarif tinggi sehingga langkah terbaru Andhika Lines menarik perhatian di pasar kapal bekas.

Dikutip dari Marine Traffic, MV Andhika Nareswari punya panjang total 224.94 meter dan lebar 32.2 meter. Kapal ini sekarang bersandar di pelabuhan Batu Ampar, Batam.(*)

× Image