Home > Port

Immersion Suit: Baju Tahan Air Penyelamat Nyawa Para Pelaut

Immersion suit, adalah pakaian khusus yang mampu membuat penggunanya mengapung dan tetap hangat di tengah laut.
Immersion Suit, pakaian penyelamat pelaut. Sumber:situs resmi Velasco Indonesia.
Immersion Suit, pakaian penyelamat pelaut. Sumber:situs resmi Velasco Indonesia.

ShippingCargo—Dalam dunia pelayaran, keselamatan adalah prioritas utama, terutama ketika menghadapi kondisi cuaca ekstrem di tengah laut. Immersion suit menjadi salah satu baju tahan air yang diperlukan oleh para pelaut untuk menunjang keselamatan mereka.

Immersion suit, dikutip dari situs gaya hidup SuperLive, merupakan pakaian khusus yang dirancang untuk membuat penggunanya tetap mengapung di atas permukaan air laut. Bentuknya mirip dengan baju selam, namun lebih longgar dan terbuat dari kain berlapis yang lebih tebal sehingga dikenal sebagai survival suit atau pakaian cebur,

Mengutip situs resmi Velasco Indonesia, immersion suit juga berfungsi sebagai pakaian pelindung. Bahan neoprene yang digunakan pada baju ini tahan air dan mampu menjaga suhu tubuh penggunanya tetap hangat.

Oleh karena itu, ada standar yang harus ditepati bagi para pembuat immersion Suit. Berdasarkan standar yang diatur dalam regulasi SOLAS (Safety of Life at Sea), syarat pembuatan immersion suit antaranya yaitu:

  • Berwarna merah atau jingga
  • Harus dibuat dari bahan anti atau kedap air
  • Dapat dilepas dari kemasan dan dikenakan tanpa bantuan dalam waktu 2 menit
  • Dapat menutup seluruh tubuh, kecuali muka
  • Dilengkapi dengan perangkat untuk mengurangi udara yang terperangkap di bagian kaki
  • Dapat digunaan untuk melompat dari ketinggian minimal 4,5 meter tanpa rusak dan kemasukan air
  • Harus berfungsi dengan baik pada suhu air laut antara 20 hingga 30 derajat Celsius,
  • Tidak menyebabkan suhu tubuh pengguna turun lebih dari dua derajat saat berada dalam immersion suit dalam durasi enam jam.
  • Dapat dipakai untuk berenang jarak pendek.

Dengan melihat standar di atas, keampuhan pakaian ini sangat penting bagi para pelaut, terutama ketika berlayar ke kawasan dengan suhu dingin yang ekstrem. Immersion suit dapat melindungi orang-orang yang tidak tahan dengan suhu dingin dan menghindarkan mereka dari hipotermia, yang dapat berakibat fatal.

Oleh karena itu, immersion suit sangat penting dimiliki bagi para pelaut untuk menunjang keselamatan mereka di tengah laut. Baju ini dapat memberikan perlindungan yang optimal dalam kondisi cuaca ekstrem dan membantu para pelaut untuk tetap aman dalam menjalankan tugasnya. (*)

× Image