Home > News

Shell dan Hyundai Teken Kerja Sama Pengembangan Kapal Pengangkut Hidrogen Cair

Proyek ambisius ini diharapkan dapat membawa revolusi dalam industri maritim dan pasar transportasi hidrogen global.
Ilustrasi Kapal. Sumber:Republika
Ilustrasi Kapal. Sumber:Republika

ShippingCargo— Konglomerasi perkapalan Korea Selatan, HD Hyundai akhirnya berkolaborasi dengan raksasa energi asal Inggris, Shell dalam rangka pengembangan kapal pengangkut hidrogen cair. Dilansir Offshore Energy pada Senin (27/5), perjanjian kerja sama ini diteken pada 24 Mei silam di kantor pusat pengembangan dan penelitian HD Hyundai Global.

Kerjasama antara Shell dan HD Hyundai ini akan melibatkan unit-unit dari HD Korea Shipbuilding and Offshore Engineering (HD KSOE) dan HD Hyundai Heavy Industries (HD HHI). Fokus utama dari proyek ini adalah pengembangan tangki hidrogen cair berukuran besar dan sistem operasi kargo hidrogen yang efisien di mana nantinya Shell akan berkontribusi lewat transfer teknologi serta evaluasi desain kapal hidrogen cair yang inovatif.

Proyek ini sejalan dengan prediksi bahwa pasar transportasi hidrogen global akan mencapai nilai 566 miliar doar AS pada tahun 2050. Dengan demikian, Shell dan HD Hyundai punya target untuk komersialisasi produksi kapal hidrogen cair pada awal 2030, sebagai pionir dalam industri ini.

Dengan langkah strategis ini, Shell dan HD Hyundai tidak hanya mempersiapkan masa depan industri maritim yang lebih hijau, tetapi juga memperkuat posisi mereka sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi kapal. Kompas yang digunakan pada kapal hidrogen cair ini adalah simbol dari bagaimana teknologi tradisional dapat dikombinasikan dengan inovasi modern untuk menghasilkan solusi yang berkelanjutan dan efisien. (*)

× Image