Home > News

Ribuan Orang Kunjungi Akomodasi Terapung KM Kelud

Kehadiran KM Kelud jadi bagian Kemenhub untuk mendukung kelancaran PON XXI Aceh-Sumut.
Kehadiran KM Kelud di Malahayati menjadi daya tarik masyarakat berkunjung ke area pelabuhan. (ilustrasi) Sumber: Tahta Aldilla/ Republika
Kehadiran KM Kelud di Malahayati menjadi daya tarik masyarakat berkunjung ke area pelabuhan. (ilustrasi) Sumber: Tahta Aldilla/ Republika

ShippingCargo.co.id, Jakarta – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menghadirkan KM Kelud sebagai akomodasi terapung selama gelaran PON XXI Aceh-Sumut. Kapal berkapasitas 2.000 penumpang ini ditempatkan di Pelabuhan Malahayati, Aceh, dari 5 hingga 21 September 2024. Kehadiran KM Kelud berhasil menarik perhatian masyarakat setempat, terutama karena ukurannya yang besar dan jarang terlihat di daerah tersebut.

Romadoni, Kepala Cabang Pelni Medan, menjelaskan bahwa setiap hari ratusan pengunjung datang ke dermaga untuk melihat KM Kelud. Seperti dikutip dari situs resmi Republika, pada Minggu (15/9/2024) pihak Pelni bahkan menyelenggarakan acara senam pagi di dermaga, yang diikuti oleh puluhan masyarakat dan mahasiswa dari Politeknik Ahli Usaha Perikanan Aceh. Setelah senam, pengunjung disuguhi teh, kopi, dan kacang hijau gratis yang disiapkan oleh kru kapal.

Nakhoda KM Kelud, Capt. Herman Obrein, juga mengapresiasi antusiasme masyarakat yang penasaran dengan kapal sepanjang 146,5 meter tersebut. Herman menyebutkan bahwa kru kapal sampai kewalahan melayani masyarakat yang ingin melihat-lihat fasilitas di dalam kapal, termasuk alat keselamatan dan hiburan.

Sejak KM Kelud bersandar di Pelabuhan Malahayati hingga Sabtu (14/9/2024), tercatat lebih dari 14.160 orang mengunjungi kapal tersebut. Dari jumlah itu, sebanyak 4.356 orang mendaftar untuk menginap, dengan realisasi sebanyak 1.313 orang.

Vice President Pelni, Berryl A. Insanul Firdaus, menambahkan bahwa kehadiran KM Kelud merupakan bagian dari penugasan Kemenhub untuk mendukung kelancaran PON XXI Aceh-Sumut. Selain menginap tanpa biaya, masyarakat juga dapat berkunjung untuk melihat-lihat fasilitas di kapal Pelni. Selama KM Kelud menjalankan tugasnya di Aceh, rute reguler kapal ini digantikan oleh KM Dorolonda.

× Image