Home > Shipping

Packing List: Paspor Barang Anda dalam Perjalanan Internasional

Packing List perlu untuk urusan kargo.
Ilustrasi penandatanganan Packing List. Sumber: Freepik.
Ilustrasi penandatanganan Packing List. Sumber: Freepik.

ShippingCargo.co.id, Jakarta—Packing list merupakan dokumen penting yang digunakan dalam proses pengiriman, terutama untuk pengiriman internasional. Dokumen ini berisi daftar item yang dikirim, termasuk jumlah, berat, dan deskripsi barang, serta informasi tentang kemasan yang digunakan.

Dalam konteks perdagangan internasional, packing list sangat diperlukan untuk mempermudah identifikasi barang di antara ratusan atau ribuan kargo. Situs resmi kementerian perdagangan Amerika Serikat , trade.gov, menuliskan apabila setiap barang yang tercantum dalam packing list biasanya dilengkapi dengan tanda dan nomor unik yang memudahkan pengurutan dan pencarian.

Packing list tidak hanya berguna bagi pengirim, tetapi juga menjadi alat penting bagi pihak bea cukai dalam memverifikasi apakah barang yang dikirim sesuai dengan dokumen deklarasi. Tanpa packing list yang akurat, proses pemeriksaan di pelabuhan atau bandara bisa tertunda, yang dapat mengakibatkan penundaan pengiriman barang ke tujuan akhir.

Seperti dikutip dari situs resmi UPS, packing list juga berperan penting bagi bea cukai dalam memastikan barang yang dikirim sesuai dengan deklarasi.Selain sebagai panduan bagi pihak pengirim,tanpa packing list yang lengkap dan akurat, proses clearance di pelabuhan atau bandara dapat mengalami penundaan.

Packing list sering kali dilampirkan di bagian luar paket, dengan salinan lain disertakan di dalam kemasan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pihak penerima dapat memverifikasi isi paket secara langsung saat barang tiba.

× Image